5 Contoh Tema Seminar Kewirausahaan di Era Digital

Era digital menjadi tantangan tersendiri bagi wirausahawan untuk beradaptasi dengan tren dan strategi bisnis yang baru. Oleh sebab itulah, banyak contoh tema seminar kewirausahaan baru yang bermunculan untuk memecahkan topik seputar wirausaha yang kerap menjadi keresahan pengusaha masa kini.

5 Contoh Tema Seminar Kewirausahaan di Era DigitalPexels by Pavel Danilyuk

Ada banyak contoh tema seminar kewirausahaan yang menarik, terutama di era digital seperti sekarang yang membuat topik ini semakin kompleks. Tetapi ketika harus memilih satu topik yang ideal untuk menyelenggarakan acara seminar yang brilian, hal tersebut bisa jadi adalah tugas yang cukup memusingkan. 

Secara umum, kewirausahaan erat kaitannya dengan semua tindakan dan upaya mengelola bisnis dengan mengambil risiko. Untuk menjadi wirausahawan yang sukses, banyak ide bisnis hebat yang bisa diaplikasikan.

Karena kewirausahaan adalah subjek yang luas, Anda dapat menjelajahi banyak hal tentang pemasaran, promosi, manajemen keuangan, kemitraan, dan lain sebagainya. Jika Anda seorang penyelenggara atau panitia seminar yang mengambil topik kewirausahaan, maka tentunya memilih contoh tema seminar kewirausahaan merupakan bagian dari tugas Anda. 

Dan untuk menarik perhatian audiens agar mau mendaftar sebagai peserta seminar, Anda harus memilih dan mengangkat salah satu topik kewirausahaan terbaik dan tentunya sesuai dengan era digital seperti sekarang. Untuk membantu Anda menemukan tema seminar yang bagus, berikut ini beberapa tema seminar kewirausahaan yang banyak dicari di era digital.

Apa Itu Kewirausahaan?

Sebelum masuk ke daftar contoh tema seminar kewirausahaan, pertama-tama, mari kita lihat gambaran singkat tentang apa yang dimaksud dengan kewirausahaan. Kewirausahaan adalah tindakan mengambil atau menangani risiko untuk mengelola bisnis. Ini pada dasarnya terkait dengan mendirikan bisnis dan mengarahkannya ke jalur keberhasilan. 

Secara sederhana, kewirausahaan dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk memulai bisnis baru dengan mengutamakan pembiayaan, perencanaan, dan pengorganisasian. Dan orang yang mendirikan usaha disebut wirausahawan.

Untuk membangun ekonomi, wirausahawan memainkan peran penting baik dalam memproduksi produk atau menyediakan layanan. Mereka biasanya menyiapkan rencana bisnis, mendapatkan sumber daya, merekrut tenaga kerja, dan mengelola bisnis dengan keterampilan kepemimpinan mereka. 

Dalam usaha bisnis, sangat umum wirausahawan akan menghadapi banyak risiko dan hambatan keuangan. Tetapi untuk menjadi sukses, wirausahawan harus tahu untuk memecahkan semua masalah dan berani mengambil risiko dengan harapan bisa memperoleh keuntungan yang lebih besar, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Contoh Tema Seminar Kewirausahaan

Pada dasarnya, untuk menyelenggarakan seminar kewirausahaan yang berkesan dan bermanfaat, pemilihan tema yang menarik dan kekinian adalah wajib. Biasanya, dibutuhkan lebih banyak waktu dan usaha untuk mengidentifikasi topik seminar yang terbaik. 

Jadi, untuk mempermudah proses pemilihan tema seminar Anda, di sini, kami telah mencantumkan beberapa topik kewirausahaan yang menarik dalam berbagai kategori.

1. Tema Tentang Media Sosial dan Marketing

Hampir semua usaha kecil atau menengah menggunakan media sosial untuk membangun brand awareness dan meningkatkan konversi. Saat mengembangkan strategi pemasaran media sosial, wirausahawan akan memilih dari berbagai platform, alat, dan metrik. 

Selain itu, wirausahawan juga harus mempertimbangkan topik media sosial yang sedang tren dan kebutuhan operasional usaha mereka. Para wirausahawan kecil atau UMKM percaya bahwa media sosial adalah saluran pemasaran digital terbaik untuk memenuhi tujuan yang ditargetkan.

Jika usaha kecil ingin terhubung dengan konsumen secara tulus dalam kehidupan sehari-hari mereka, masuk akal untuk beralih ke media sosial. Pasalnya, hampir 4 miliar orang menggunakan media sosial dan pengguna meningkat dua kali lipat sejak 2015.

Media sosial memfasilitasi koneksi secara global, memungkinkan usaha kecil untuk menarik target pasar. Dengan bantuan biro iklan, wirausahawan kecil bisa mendapatkan posting media sosial di depan audiens yang tepat dengan cara yang ditargetkan. 

Beberapa perusahaan bahkan dapat menjadi viral di platform sosial dengan konten yang unik dan menarik. Karena tren pemasaran media sosial terus berubah, para wirausahawan kecil harus secara strategis merencanakan bagaimana mengalokasikan waktu dan sumber daya di berbagai platform untuk mengikuti tren terbaru.

2. Tema Tentang Etika Berwirausaha

Dalam etika bisnis, ada sejumlah aturan yang tidak boleh dilanggar. Beberapa di antaranya mungkin tampak seperti aturan umum, namun sayang ternyata banyak wirausahawan yang seringnya melanggar etika bisnis ini tanpa menyadarinya.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan besar dan kecil telah menganut budaya startup yang lebih santai. Misalnya, perabotan kantor dapat berupa apa saja, mulai dari kursi bean bag, tempat tidur siang, meja foosball, bahkan ada perusahaan yang memanjakan staf dan karyawannya dengan menyediakan permainan arkade. 

Gaya berpakaian pun sekarang lebih fleksibel, tidak harus menggunakan jas dan dasi seperti dulu. Pekerjaan jarak jauh juga semakin populer. Lingkungan kantor yang tidak terlalu kaku mungkin terasa seperti aturan etika bisnis kuno dan tidak perlu. Namun, buka berarti hal ini membuat etika bisnis bisa diacuhkan sesuka hati. 

Untuk kembali menyadarkan wirausahawan tentang hal ini, penting untuk mengedukasi mereka kembali tentang apa saja etika yang harus dipatuhi dalam berwirausaha serta pentingnya untuk keberlangsungan bisnis mereka. Salah satunya melalui contoh tema seminar kewirausahaan tentang etika bisnis.

3. Pilihan Pendanaan untuk UMKM dan Calon Wirausahawan

Menurut sebuah studi baru-baru ini, lebih dari 94% bisnis baru gagal selama tahun pertama beroperasi. Kekurangan dana ternyata menjadi salah satu alasan yang umum. Uang adalah elemen dasar dari bisnis apa pun. 

Ibaratnya, perjalanan panjang yang melelahkan namun mengasyikkan dari ide ke bisnis yang menghasilkan pendapatan ternyata juga membutuhkan bahan bakar bernama modal. Itu sebabnya, di hampir setiap tahap bisnis, wirausahawan terjebak dalam pertanyaan, ‘Bagaimana cara mendapatkan pendanaan untuk bisnis baru saya?’

Berangkat dari keresahan ini, Anda bisa mengajak audiens target untuk menghadiri seminar bertema pilihan pendanaan untuk UMKM dan calon wirausahawan ini. Bersama peserta yang hadir di seminar, identifikasilah apa saja opsi pendanaan untuk startup yang akan membantu mereka meningkatkan modal untuk bisnis mereka serta bagaimana cara mendapatkannya.

4. Tema Tentang Basic Business Plan

Rencana bisnis adalah dokumen mendasar yang harus dimiliki oleh setiap bisnis baru sebelum memulai operasi. Ibarat kapal yang berlayar di samudera tanpa peta, bisnis yang beroperasi tanpa rencana bisnis akan sulit untuk mencapai tujuan yang ditargetkan. 

Terlebih lagi, fakta bahwa perusahaan yang mampu bertahan lama tanpa rencana bisnis sangatlah sedikit. Jadi, membuat rencana bisnis dan berpegang teguh pada rencana tersebut merupakan hal wajib. 

Namun sayangnya, tidak membuat dan menulis rencana usaha sudah menjadi kesalahan yang umum dilakukan oleh wirausahawan. Untuk mengedukasi mereka, mengadakan contoh tema seminar kewirausahaan tentang business plan ini bisa jadi upaya yang tepat. 

5. Risiko yang Umum Dihadapi Wirausahawan dan Cara Mengatasinya

Terlepas dari kesan sukses dan kemewahan yang melekat pada seorang wirausahawan, kata wirausaha sebenarnya identik dengan risiko. Dan belakangan ini, topik tentang risiko kewirausahaan mulai banyak diperbincangkan orang-orang. Mulai dari risiko keuangan, risiko pasar, risiko operasional, kondisi ekonomi yang terus berubah, risiko permodalan, hingga kondisi alam yang tidak menentu.


Dari daftar contoh tema seminar kewirausahaan yang direkomendasikan di atas, pilih tema terbaik yang cocok dengan situasi saat ini. Jika Anda mencari souvenir perusahaan untuk dijadikan buah tangan untuk peserta dan pemateri selepas acara seminar, Anda bisa memilih tas seminar sebagai opsi yang paling tepat.

Dan untuk membantu Anda mendapatkan tas seminar terbaik, OSCAS siap melayani pembuatan dalam skala besar maupun kecil. Dengan harga yang terjangkau dan paling murah di kelasnya, Anda bisa memilih berbagai desain tas seminar yang unik dan menarik untuk keperluan branding perusahaan atau instansi Anda.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini