Tips Membuat Susunan Acara Customer Gathering Perusahaan

Apakah Anda dipercaya untuk membuat susunan acara customer gathering perusahaan Anda? Jangan khawatir! Simak panduan ini yang akan memberitahu Anda seputar tips membuatnya.

Tips Membuat Susunan Acara Customer Gathering PerusahaanPexels by Luis Quintero

Acara customer gathering, adalah ajang bagi sebuah perusahaan untuk mendekatkan diri dengan para pelanggan setianya. Karena acaranya bukan internal, ada baiknya Anda menyiapkannya dengan matang. Salah satunya adalah dengan membuat susunan acara customer gathering perusahaan yang baik dan menarik.

Karena tujuan utamanya adalah mendekatkan diri dengan para customer dari perusahaan, maka menarik minat dan membuat acara yang menyenangkan sudah menjadi sebuah kewajiban. Namun, sayangnya menyatukan banyak orang dalam sebuah acara adalah hal yang gampang-gampang susah.

Perlu pertimbangan yang matang, agar acara tidak boring untuk para customer Anda. Selain itu acara juga harus memasukkan esensi nilai-nilai perusahaan, serta tipis-tipis menawarkan produk yang Anda jual. Pemberian promo, diskon, maupun paket pembelian, bisa jadi ide yang menarik.

Walaupun sudah tahu apa yang harus Anda lakukan, namun sayangnya menyusun dan memasukkan seluruh poin tersebut bukanlah perkala sepele. Oleh karena itu, penting untuk Anda membaca dan menerapkan beberapa tips di bawah ini, untuk memastikan acara yang kamu buat berjalan sesuai harapan!

Sekilas Tentang Customer Gathering

Pada dasarnya, acara gathering perusahaan, adalah cara perusahaan untuk mendekatkan diri pada entitas yang diinginkan.  Sama halnya dengan acara customer gathering, yang biasa digunakan oleh sebuah perusahaan untuk lebih mengenal siapa customer setianya.

Tak heran pada acara tersebut hanya beberapa pelanggan dengan poin loyalitas tinggi saja, yang mendapatkan undangan khusus. Selain itu, mendekatkan diri dengan para customer, acara ini juga bertujuan untuk membentuk loyalitas pelanggan pada bisnis maupun produk yang Anda jual.

Bahkan event ini juga menjadi momen yang bagus untuk mempromosikan penjualan atau merilis produk serta layanan baru.  Karena yang diundang adalah para pelanggan setia, pastinya tawaran untuk pembelian produk dengan harga miring, diskon, maupun paket bundle adalah hal yang paling dicari dari acara tersebut.

Tips Membuat Susunan Acara Customer Gathering Perusahaan

Setelah mengetahui dan mempelajari apa itu customer gathering, kini waktunya Anda mempelajari bagaimana cara membuat susunan acara customer gathering perusahaan.

1. Pemilihan Tema Pembahasan atau Acara

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih tema yang ingin Anda bawakan dalam acara customer gathering tersebut. Tema ini bersifat tetap, jadi sedari awal sudah harus Anda siapkan. Nantinya tema akan menjadi patokan bagaimana dekor, konsep rundown dari acara yang akan Anda selenggarakan.

Sesuaikan tema dengan rata-rata umur peserta, memiliki data yang akurat tentang peserta acara jadi kunci untuk membuat tema yang menarik. Selain itu, setiap kegiatan baik outbound maupun inbound harus sesuai dengan nilai-nilai perusahaan atau produk.

2. Pilih Team Terbaik

Menentukan team manajemen acara juga menjadi hal yang wajib Anda lakukan, hal ini berlaku walaupun Anda menggunakan jasa event organizer. Dari pihak perusahaan haruslah ada penanggung jawab serta tim yang membantu menyelenggarakan acara tersebut. 

Selain itu tugas dari tim perusahaan, juga menjalankan misi khusus. Di antaranya mengumpulkan data, membentuk komunikasi dengan pelanggan, bahkan menawarkan produk yang ingin Anda jual di acara tersebut.

3. Bagi Inti Acara dalam Beberapa Sesi

Biasanya acara memiliki beberapa sesi mulai dari pembukaan, acara inti, mini games, hingga hiburan. Setiap sesi ini harus Anda pecah dan atur untuk penentuan susunan terbaik. Untuk acara inti biasanya ditaruh di tengah, sedangkan untuk sesi jualan bisa pada sesi hiburan, minigames, maupun saat acara inti itu sendiri.

Pastikan untuk membagi setiap sesi acara, sesuai skala prioritas. Tentukan porsi waktu untuk setiap sesinya, pertimbangkan kondisi dan situasi yang berlaku. Acara inti bisa Anda taruh di saat kondisi peserta saat paling fit dengan antusias yang besar. Dengan begitu, apa yang ingin Anda sampaikan bisa tersampaikan dengan baik.

4. Pastikan Acara Tidak Boring

Selain memilih tema dan susunan yang tepat berdasarkan skala prioritas, Anda juga harus memastikan acara berjalan dengan meriah. Jangan biarkan kesan jenuh hinggap di benak peserta customer gathering Anda. Membuat mini game, memberikan hadiah, maupun beberapa kegiatan efektif dan menyenangkan lainnya.

Buat rangkaian acara yang berkesan, dengan memberikan pengalaman baru untuk pelanggan yang Anda undang. Pastikan untuk memilih MC yang bisa menghidupkan suasana agar tidak boring, selain itu pahami durasi setiap acara yang berlangsung.

5. Sediakan Waktu Isoman

Jika acara melewati waktu makan siang, ada baiknya Anda menyediakan waktu istirahat. Pastikan bahwa fasilitas, akomodasi, dan waktu yang disediakan cukup, sehingga peserta gathering bisa lebih menikmati acara yang Anda buat. Selain itu, Anda harus memastikan akses tempat ibadah, harus tersedia di dekat lokasi acara tersebut.

Keuntungan Mengadakan Customer Gathering

Banyak perusahaan yang peka terhadap para customernya, menjaga kualitas dan terus melakukan inovasi. Namun, hal tersebut tidak dipikirkan oleh satu dua perusahaan saja, sehingga kamu perlu melakukan gebrakan yang berbeda, salah satunya adalah dengan mengadakan customer gathering.

Hal ini karena acara ini mendatangkan banyak keuntungan untuk bisnis yang Anda kelola. Walaupun Anda harus membuat susunan acara customer gathering perusahaan yang menarik terlebih dahulu, namun impact masa depan untuk perusahaan akan cukup besar. Di antaranya adalah:

1. Meningkatkan Trust Pelanggan yang Mengikuti Acara Tersebut

Karena acara hanya dihadiri oleh segelintir pelanggan setia Anda, maka sudah pasti nilai kepercayaannya pada bisnis maupun produk sudah cukup besar. Namun, bayangkan jika kepercayaan semakin besar lagi, sudah pasti Anda akan mendapatkan media iklan secara gratis yakni melalui mulut ke mulut (getok tular).

2. Membangun Komunikasi yang Lebih Baik dengan Pelanggan

Dengan membuat acara tersebut, kamu bisa lebih dekat dengan para pelanggan Anda. Hal ini pastinya akan meningkatkan loyalitas pelanggan pada bisnis atau produk yang Anda kembangkan, sehingga peluang bisnis bertumbuh akan semakin besar.

3. Mengenalkan dan Media Iklan Produk Baru

Jika kepercayaan dan loyalitas sudah tinggi, para pelanggan tersebut akan selalu haus informasi tentang produk baru yang perusahaan Anda kembangkan. Oleh karena itu, Anda perlu membuat susunan acara customer gathering perusahaan, agar bisa memasukkan penawaran produk baru dengan cerdas.

4. Ajang Evaluasi Produk

Saat kepercayaan dan komunikasi sudah terjalin, pelanggan tidak akan ragu memberikan kritik dan saran untuk produk atau bisnis yang Anda kembangkan. Dengan cara tersebut, Anda bisa membangun dan menginovasi produk atau bisnis, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

5. Meningkatkan Penjualan Produk

Yang paling seru dalam acara gathering adalah mampu meningkatkan penjualan produk, karena Anda bisa menjual produk dalam acara tersebut. Baik produk baru maupun lama. Dengan cara dan perhitungan yang tepat, Anda bisa menjual produk dengan kuota yang lebih besar.

Nah, itulah beberapa informasi dan juga tips seputar membuat susunan acara customer gathering perusahaan. Dalam event penting ini, tak lengkap rasanya jika pihak perusahaan memberikan souvenir kepada customer selepas acara. Dan salah satu souvenir yang dijamin pasti disukai oleh para tamu undangan adalah tas.

Selain bermanfaat untuk customer, tas juga bisa jadi media branding dan memperkuat citra perusahaan Anda. Anda bisa menambahkan tulisan atau gambar logo perusahaan sehingga customer akan senantiasa mengingat brand Anda.

Menarik, bukan? Masalahnya, ‘Dimana saya bisa mendapatkan tas yang berkualitas dengan harga terjangkau untuk souvenir acara customer gathering saya?’ Tenang, Anda bisa andalkan OSCAS yang merupakan jasa konveksi tas terbaik di Bandung. Baik itu tas seminar, tas selempang, hingga tas ransel bisa Anda pesan di OSCAS.

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini