Contoh Sambutan Ketua Panitia Family Gathering, Religius Hingga Lucu

Bagi ketua panitia family gathering, membuat contoh sambutan memang bukan perkara yang gampang. Supaya nggak bingung, simak contoh dan tipsnya disini!

Contoh Sambutan Ketua Panitia Family Gathering, Religius Hingga LucuPexels by Vladimir Konoplev

Dalam sebuah acara, ketua panitia biasanya akan membuka acara dengan sebuah contoh kata sambutan, tak terkecuali dalam acara yang kasual dan santai seperti family gathering. Tak hanya membuat undangan dan spanduk saja, kata sambutan juga diperlukan untuk menyampaikan terimakasih yang hangat kepada tamu undangan yang telah meluangkan waktunya untuk hadir ke acara. 

Dalam acara reuni keluarga, kata sambutan biasanya dibuat agak sentimental dan mengandung sedikit humor. Jadi, tidak harus terlalu resmi dan kaku. Tapi, bagi Anda yang dipercaya sebagai ketua panitia family gathering dan masih ragu untuk menyampaikan kata sambutan seperti apa yang tepat, cobalah salah satu contoh ini!

Apa Itu Kata Sambutan?

Secara harfiah, kata sambutan dapat Anda artikan sebagai sebuah pidato kecil, yang berguna untuk membuka sebuah acara. Biasanya moderator, MC maupun penanggung jawab akan membuka acara dengan beberapa ucapan terimakasih serta memberitahukan tujuan acara, garis besar kegiatan acara, dan sebagainya

Pentingnya Menyampaikan Kata Sambutan Saat Family Gathering

Ada beberapa peranan penting yang membuat kata sambutan menjadi hal yang penting dalam sebuah acara, khususnya acara family gathering. Beberapa di antaranya adalah peranan di bawah ini:

1. Untuk Mendapatkan Perhatian Tamu

Peranan kata sambutan yang pertama adalah menarik fokus para audiens, pada acara yang akan segera dimulai. Karena acara family gathering termasuk acara semi formal, kebanyakan tamu akan kurang fokus pada acara karena bertemu rekan kerja dan juga keluarganya.

Agar acara berjalan dengan sebagaimana mestinya, ada baiknya sebelum acara dimulai ada kata sambutan yang dapat menarik fokus para tamu. Harapannya inti acara dan maksud penyelenggaraannya bisa tersampaikan kepada seluruh tamu yang hadir.

2. Memberi Informasi Mengenai Acara Tersebut

Hal berikutnya yang membuat sambutan menjadi penting adalah menjelaskan mengenai gambaran dari acara itu sendiri. Jadi, para tamu akan tahu apa saja kegiatan pada family gathering yang mereka ikuti.

Karena pada dasarnya dalam kata sambutan biasanya pembawa acara akan memberitahukan rundown acara, mulai dari awal hingga akhir. Sehingga diharapkan tamu bisa menikmati segala acara tanpa terkecuali.

3. Mendekatkan Diri Dengan Tamu

Selain dua hal tersebut, kata sambutan dalam family gathering juga dimaksudkan untuk proses pendekatan diri dengan anggota keluarga lainnya. Khususnya untuk para besan, keponakan, menantu, dan lain-lain. 

Biasanya, pembawa acara akan mengenalkan tuan rumah, serta memberikan sedikit gurauan untuk mencairkan suasana. Bagaimanapun tujuan acara family gathering adalah mempererat rasa kekeluargaan serta loyalitas antara keluarga inti.

3 Contoh Sambutan Ketua Panitia Family Gathering

Pada dasarnya beberapa pembawa acara menggunakan kalimat atau kata sambutan template, yang memudahkan dalam menyampaikannya tanpa harus membaca script. Lebih tepatnya, melalui informasi yang ada, namun belum tentu seorang ketua panitia memiliki hal tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari beberapa contoh ini:

1. Religius 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat siang, semua anggota keluargaku yang berbahagia.

Kata-kata tidak dapat mengungkapkan betapa senangnya saya merasa bahwa Anda semua ada di sini, bersama-sama, tersenyum dan bertemu satu sama lain hari ini. Sungguh perasaan gembira, melihat tahun baru telah tiba dan satu tahun telah berlalu sejak terakhir kali kita semua bertemu seperti ini. 

Meski jarak memisahkan keluarga kita, tapi waktu tak terasa berlalu semenit pun.  Dan astaga, saya melihat beberapa wajah baru di sini. Lina, yang baru saja menikah dengan Rendra, dan Kevin yang baru saja menikah dengan Anya kita yang manis! 

Marilah kita semua bersukacita bersama, keluarga lama dan keluarga baru, dan puji Tuhan atas kesempatan yang telah Dia berikan kepada kita sehingga kita dapat bersama-sama menikmati liburan yang menyenangkan ini. 

2. Contoh Sambutan Ketua Panitia Family Gathering Lucu dan Nostalgia

Selamat datang para anggota keluarga! Saya lihat bahwa keluarga kita terus berkembang dari tahun ke tahun. Dan pujian besar bagi Dian dan Yudha karena telah menempuh jarak 40 km dengan bayi di kursi belakang! Mari sambut si kembar Bulan dan Bintang ke dalam keluarga!  
Keluarga kita terus berkembang dan tumbuh semakin indah setiap kali kita bertemu. Melihat kita semua di sini bersama membawa kembali begitu banyak kenangan dari tahun-tahun yang telah berlalu. 
Ingat pada family gathering tahun lalu di Canggu, Bali, ketika Paman Koko mengira dia kehilangan uangnya di laut, dan kemudian mengumumkan bahwa dia menemukannya di boxernya? Bagaimana kita bisa melupakan yang lucu itu? 
Ada begitu banyak kenangan sehingga jika saya berdiri di sini dan menyebutkan semuanya, acar ini mungkin tidak akan selesai sampai tahun depan! Jadi mari kita terus bergerak maju dan terus membuat kenangan itu! 

3. Contoh Sambutan Ketua Panitia Family Gathering Semi Formal
Selamat datang tuan dan nyonya,

Hari ini adalah hari istimewa dalam banyak hal. Kami merasa sangat diberkati dan beruntung bisa berbagi hari ini dengan Anda semua. Ucapan selamat datang yang istimewa saya sampaikan kepada semua teman, keluarga, dan tamu dermawan kami yang telah melakukan perjalanan jauh untuk bisa bersama dengan kami hari ini. 

Berbicara tentang jarak dan waktu, kita semua telah menempuh perjalanan jauh bersama. Beberapa dari Anda telah ada dan menjadi bagian dari [keluarga / komunitas / kelompok / bisnis] kami untuk waktu yang lama, sementara yang lain mungkin baru hadir baru-baru ini. (Jelaskan semua tentang jadwal acara).

(Kemudian, jelaskan harapan Anda tentang acara hari ini). Harapan kami adalah Anda akan menikmati hari ini bersama kami, bahwa kami akan memperkuat ikatan dan hubungan yang mengikat kita semua.

Semoga kita semua diberi kesempatan untuk menegaskan kembali dan memastikan betapa beruntungnya kita berada di antara satu sama lain, berdampingan satu sama lain, dan menjadi bagian dari kehidupan satu sama lain. (Dengan hormat jelaskan keinginan dan salam Anda).

Semoga kekeluargaan dan kebersamaan kita terus berlanjut.

Tips Menulis Kata Sambutan Untuk Acara Reuni Keluarga

Personalisasikan contoh kata sambutan ketua panitia untuk acara family gathering dengan memercikkan informasi tentang keluarga Anda sendiri. Ikuti tips tambahan ini untuk membantu kata sambutan Anda berjalan tanpa hambatan.

  • Masukkan referensi ke cerita lucu dari reuni sebelumnya. Jangan teralihkan dengan terlalu banyak detail, sebutkan saja orangnya dan kejadiannya, dan semua orang pasti akan tersenyum. Namun, jangan menyebutkan apa pun yang mungkin memalukan bagi salah satu anggota keluarga.
  • Jika keluarga Anda memiliki lelucon lama, seperti menyebut diri mereka "Ironman" atau yang hal lucu serupa, mainkan tema itu sepanjang kata sambutan.
  • Saat memberikan pidato sambutan, munculkan kegiatan reuni tahunan atau permainan reuni yang ingin diikuti oleh banyak peserta.
  • Tambahkan beberapa kutipan keluarga favorit. Jika akan ada beberapa sambutan selama reuni, pertimbangkan untuk merujuk kembali ke kutipan awal di masing-masing sambutan untuk kesinambungan.
  • Pidato sambutan dapat mencakup tayangan slide foto atau kompilasi video dari reuni sebelumnya. Di akhir reuni, soroti foto yang diambil tahun itu. Pastikan Anda menyertakan snapshot dari semua orang, jadi tidak ada yang merasa ditinggalkan atau tidak dikenali.
  • Yang terpenting, buatlah kata sambutan yang cukup singkat. Pidato sambutan seharusnya membuat orang bersemangat, bukan membuat mereka bosan. 

Yuk, Buat Contoh Sambutan Ketua Panitia Family Gathering!

Sambutan yang paling berkesan adalah sambutan yang membuat orang merasa nyaman dengan acara tersebut dan diri mereka sendiri. Tidak masalah apa yang Anda katakan selama semua orang merasa dicintai oleh keluarganya. 

Agar acara kumpul keluarga semakin hangat dan berkesan tak lengkap rasanya jika tak menyediakan souvenir untuk acara. Ada berbagai pilihan souvenir seperti gantungan kunci, pen, botol, atau tas. 

Dan jika Anda ingin memilih tas sebagai pilihan souvenir yang bermanfaat, OSCAS siap melayani pembuatan aneka tas yang premium untuk keluarga tercinta Anda. Baik itu tas ransel, pouch, tas selempang, hingga tas seminar, OSCAS menawarkan hasil yang eksklusif dengan harga yang bersahabat. 

Komentar Pembaca

Loading...

Berita Terkini